hama serta penyakit jabon dan penanganannya ( bag – 3 )

jabon – tulisan ini adalah sambungan dari dua tulisan sebelumnya mengenai hama dan penyakit jabon serta penanganannya.
  1. Busuk Hati

Ciri Jabon yang terserang busuk hati adalah adanya cabang batang jabon yang patah dan luka. Selain itu, terjadi perubahan struktur kayu menjadi lunak dan berserabut. Untuk mengobatinya, bisa dengan mengoleskan TER dan fungisida Karbendazim (Derozal 500) di sekitar bagian yang terdapat luka.

2.   Cacar Daun

Seperti pada manusia manusia, penyakit ini menimbulkan bintik yang menonjol di permukaan daun yang berwarna coklat-hitam. Selain itu muncul bercak kuning terang di daun serta daun menjadi berlekuk dan bertekstur keras.

Untuk mencegah meluasnya penyakit ini bisa dimulai dengan pemilihan bibit yang sehat. Selain itu, pastikan proses pemupukan dilakukan dengan tepat. Bisa juga dengan memangkas bagian yang terkena infeksi agar tidak menjalar ke bagian daun lainnya.

Selain ancaman penyakit, pada tanaman biasanya juga muncul ancaman terhadap serangan hama. Perbedaan dengan penyakit, hama biasanya disebabkan oleh makhluk hidup lain seperti binatang yang bersifat sebagai parasit. Pada tanaman Jabon, ada sembilan jenis hama yang paling banyak menyerang serta merusak tanaman ini.

panen jabon berkualitas

Kesembilan jenis hama yang paling sering mengganggu tanaman Jabon adalah :

3.Ulat Grayak

Hama ini hanya menyerang daun jabon pada malam hari. Sementara pada siang ulat grayak akan bersembunyi di tanah atau di bawah tanaman. Jabon yang diserang ulat grayak daunnya akan berlubang, bahkan bagi yang sudah parah hanya akan menyisakan batang daun saja.

Bagi tanaman yang sudah terkena hama ini, pengobatannya bisa dengan menyemprotkan insektisida sistemik BPMC dengan dosis 0,5-2 ml/ liter. Bisa juga dengan menggunakan Imidakloppir (confidor 200 SL dengan dosis sama). Dan bagi tanaman yang belum terkena serangan hama ini, sebaiknya perlu dijaga kebersihan lingkungan dan juga mengendalikan gulma yang tumbuh.

4.Tikus

Hama ini merupakan hama yang paling banyak mengganggu tanaman petani. Jabon yang terkena serangan tikus bagian kulit batang atau bagian cabang akan terkelupas. Jika dibiarkan, jabon bisa kering dan mati. Untuk mengatasi masalah ini bisa diberikan umpan racun tikus atau juga membongkar sarang yang berada di sekitar areal penanaman jabon.

 

Incoming search terms:

Comments

  1. blog yang sangat lengkap dan bagus

  2. mas, tolong dong saya dibantu untuk mengetahui jenis tanah untuk menanam jabon, jarak tanamnya, cara tanamnya yg baik, pemilihan bibit yg berkualitas, hama penyakitnya, cara penanganannya, pemupukannya, dan penjualan hasil panennya? trimakasih mas..

  3. semua sudah aaada di blog ini sangat lengkap, penjualan di riau sangat banyak

Speak Your Mind

*