Hama penyakit jabon serta penanganannya (bagian kedua )

jabon :
selain penyakit jabon yang sudah diterangkan oleh kami dalam tulisan yang terdahulu, masih ada lagi beberapa hama atau penyakit tanaman jabon yang kiranya perlu diwaspadai oleh para pekebun jabon diantaranya :
Embun tepung

Penyakit ini menyebabkan permukaan daun terdapat bercak berwarna putih seperti tepung atau berwarna kapas. Selain itu, daun menjadi kuning, coklat atau hitam yang pada akhirnya rontok.

 

 

Untuk mencegah menjalarnya penyakit jabon ini, sebaiknya turunkan kelembaban udara dengan memperlama jeda penyiraman. Bisa juga dilakukan dengan memusnahkan daun yang terserang agar tidak menyerang tanaman jabon yang lain.

Sementara untuk pengobatan bisa dilakukan dengan menyemprotkan fungisida berbahan aktif flusilazol (Nustar 0,1 ml/ liter) dan difenokonazol (score 0,2 ml/ liter). Bisa juga dengan menyemprotkan fungisida seperti campuran Delsene (1-2 g/liter). Proses penyemprotan ini dilakukan menggunakan knapsack sprayer dua kali seminggu untuk yang terkena serangan berat. Sedangkan untuk pencegahan dan yang terkena serangan ringan, cukup satu kali per minggu.

Busuk Akar

Penyakit ini menyebabkan daun jabon menguning dan layu. Bagian akar juga akan mengalami pembusukan yang ditandai dengan warna coklat. Selain itu, terdapat benang miselium jamur berwarna putih di pangkal batang dan permukaan akar Jabon.

Agar tidak menjalar, sanitasi lingkungan perlu dijaga termasuk dari tunggul kayu yang merupakan sumber infeksi. Bisa juga dengan cara mencabut dan memusnahkan bagian yang sudah terkena penyakit tersebut.

Untuk pengobatan dengan cara penyemprotan, bisa menggunakan Benomil (Benlate). Karbendazim (Derozal 500) atau Triadimenol (Bayfidan 250E).

untuk beberapa hama dan penyakit jabon lainnya akan segera kami tulis di edisi mendatang ikuti terus saja update terbaru dari jabonkendal terimakasih . jabon

 

 

Incoming search terms:

Comments

  1. agus arif darmawan says:

    knp ya jabon kok gak tahan terhadap tanah yg kering.?????

Speak Your Mind

*