Pemilihan Bibit Jabon yang baik

bibit jabon :Salah satu kunci keberhasilan proses penanaman kayu Jabon dimulai dari pengetahuan tentang pemilihan bibit jabon yang baik. Dengan bibit jabon yang baik, maka keuntungan yang diharapkan semakin besar kemungkinanannya untuk diraih. Meski demikian perlu juga disadari, bahwa bibit hanya merupakan salah satu faktor keberhasilan penanaman Jabon namun bukan satu-satunya faktor penentu.

 

Oleh karena itu, bibit yang baik belum tentu bisa menghasilkan panen kayu Jabon yang besar pula. Namun, dengan memilih bibit jabon yang benar diharapkan bisa meminimalisir resiko yang mungkin terjadi selama masa penanaman hingga penebangan.

Langkah awal yang bisa dilakukan dalam memilih bibit Jabon adalah dengan mengetahui aneka varietas yang ada dalam tanaman Jabon. Selama ini, bibit Jabon terbagi menjadi dua jenis, yaitu Jabon Merah dan Jabon putih. Perbedaan keduanya secara fisik bisa dilihat dari warna pucuk daunnya.

Untuk Jabon merah, pucuk daunnya berwarna merah. Sedangkan pada Jabon putih pucuk daunnya berwarna hijau. Perbedaan lain dari kedua jenis ini terdapat pada warna batang kayunya. Untuk jabon merah batang kayunya berwarna sedikit kecoklatan sehingga lebih banyak digunakan untuk bahan papan rumah. Sementara pada jabon putih, batang kayu lebih berwarna putih.

Dari kedua jenis tersebut, tidak ada perbedaan lain secara spesifik. Hanya, berdasar pengamatan  dari para petani Jabon, jenis Jabon Putih  dianggap lebih cepat tumbuh dan besar daripada Jabon merah . Namun secara fisik dan kimiawi, kedua jenis tersebut tidak terlalalu memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Dengan kondisi ini, Bagi calon petani Jabon kiranya tidak perlu terlalu mempersoalkan tentang jenis bibit Jabon yang ada. Baik jabon merah maupun putih, pada dasarnya memiliki kualitas sama saja. Yang paling penting adalah perawatan selama masa penanaman guna bisa menghasilkan kayu Jabon yang berkualitas.

Dalam memiliih bibit Jabon, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh para petani. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah :

Kekompakan Media

Kekompakan media meliputi kondisi batang, dimana untuk bibit yang baik batang harus dalam kondisi utuh. Tidak ada bagian yang terlihat retak, karena bila retak akan mudah terkena penyakit.

Ketinggian

Tinggi bibit yang baik idealnya adalah 30-60 cm. Ini adalah tinggi bibit yang ideal. Jangan mudah tertipu bila ada pedagang bibit yang menawarkan bibit yang lebih tinggi dengan janji waktu panen lebih cepat. Sebab, bibit yang tingginya melebihi ketinggian ideal, biasanya memiliki akar yang sudah kuat dan menembus poli bag tempat sementara bibit. Dampak jika menggunakan bibit seperti ini adalah tanaman akan stres bisa dipindahkan. Mengingat, akar yang sudah menembus poly bag tersebut, akan masuk ke dalam tanah yang otomatis akan tercabut bila dipindahkan.

Diameter

Diameter bibit yang sehat biasanya berkisar antara 5-8 mm. Hal ini merupakan diameter normal untuk ukuran bibit. Bila ada bibit yang berukuran kurang dari 5 mm, maka bibit tersebut bisa digolongkan ke dalam bibit kelas dua.

Nilai Kekokohan bibit

Nilai kekokohan bibit jabon untuk bibit kelas unggulan dikategorikan pada angka 50-90.

Warna daun

Bibit yang baik dan sehat akan memiliki daun yang berwarna hijau dan terlihat cerah. Hanya pada Jabon merah, pada bagian ujung dauh akan terdapat warna merah yang membedakan dengan Jabon putih.

Demikian sedikit tips dari kami dalam memilih bibit jabon

 

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

Comments

  1. nizamsyah says:

    benih jabon yang bapak kirim,betul betul luar bisa,,terimakasih pak

  2. hartono anwari says:

    pak,kami rencana mau pesan 10rb bibit buat di lampung,apalagi kami kemaren ketemu mas nurwanto merasa yakin setelah melihat sendiri proses produksi kayu jabon menjadi mebel,hasilnya luar biasa.

  3. didik tri yulianto says:

    dimana saya bisa mendapat kan bibit jabon untuk daerah blitar….?terima kasih

  4. kebetulan kami punya saudara di blitar,kami bisa kirim,bapak tinggal sms nama dan alamat ke 081328519551

  5. @pak hartono,oke pak.kami akan persiapkan special buat bapak
    @pak nizamsyah,terimakasih atas atensi dari anda

  6. Pak sy berniat ingin menanam pohon jabon, tp pengetahuan sy tentang bercocok tanam masih minim. Jika ingin menanam di palembang utk lahan yg kering dan agak basah apakah cocok pak utk bibit jabon ini, dan dmn sy bisa mndptkan bibitnya? Terima kasih pak

  7. @pak lala,cocok pak,bisa anda hub kontak kami di 081328519551

  8. @pak lala,untuk pembelian diatas 5rb bibit,dapatkan mebel kayu jabon kualitas super,penawaran kami adalah satu satunya di dunia

  9. Arhadi Miharja says:

    Berapa harga benih ? bibit di polibag ? minimal berapa banyak dapat dikirim ke Sulawesi Selatan (Makassar)? terima kasih Pak.

  10. harga 800 rupiah sampai makassar berupa sosisan tinggi 5 cm,minimal 1rb batang

  11. Andi mursalim.AM says:

    Anda butuh bibit jabon siap tanam,gratis Hub.081353343788.JABON GANDLA Sulawesi Selatan…

  12. Eddy Setiawan says:

    Pak, saya rencananya mau pesan bibit jabon siap tanam (60 cm ya?) untuk keperluan kebun saya di Mataram Lombok. Berapa minimal ordernya dan di harga berapa? Apakah dari Jabon Kendal memberikan semacam petunjuk bagaiman perlakuan saat terima bibit dan persiapan penanaman? terimakasih atas perhatiannya.

Speak Your Mind

*