tips menyemai benih jabon (bagian ke- 2 )

Benih jabon : Dalam proses penanaman benih  Jabon, selain membeli bibit yang sudah siap tanam, kita bisa pula melakukan penyemaian bibit. Hanya saja, bagi para calon petani memang akan lebih praktis dengan membeli bibit siap tanam daripada harus menyemaikan bibit sejak awal. Selain kurang efisien dari sisi waktu, resiko kegagalan pun mengancam khususnya jika proses penyemaian tersebut tidak dilakukan dengan tepat.

Proses penyemaian benih jabon , dimulai dengan cara memetik buah jabon yang berwarna kuning. Selanjutnya, buah tersebut dijemur selama 10 hari di bawah sinar matahari. Setelah dijemur, buah jabon diremas dan direndam dalam air selama 1-2 jam. Tujuannya agar biji jabon bisa terpisah.

Setelah biji jabon bisa dipisahkan, masukkan ke dalam media penyemaian benih jabon. Untuk media penyemaian ini sendiri, bisa dibuat dari tiga macam campuran. Campuran pertama adalah pasir halus dan kompos, komposisi kedua pasir halus dan tanah halus. Media terakhir yang bisa digunakan adalah campuran cocopeat dan arang sekam.

Dari ketiga jenis campuran media tersebut, yang paling cepat menjadikan benih jabon menjadi kecambah adalah campuran pertama yaitu pasir halus dan kompos. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 10-15 hari sampai tumbuh kecambah. Sementara untuk  jenis campuran kedua, proses perkecambahan membutuhkan waktu 20-25 hari. Dan campuran ketiga, waktu yang dibutuhkan paling lama yaitu mencapai 25-30 hari.

Meski paling cepat menghasilkan kecambah, namun campuran jenis pertama bukan tanpa resiko. Karena kecambah yang dihasilkan melalui media pasir halus dan kompos ini justru paling rentan terkena penyakit yaitu jamur dan jumping off atau mudah roboh. Ciri dari penyakit ini adalah munculnya jamur yang mirip sarang laba-laba berwarna putih. Untuk mengatasinya, cukup semprotkan Dithane M-45 sesuai dosis yang dianjurkan.

a. Pemeliharaan Kecambah

Jika kecambah benih jabon sudah mulai tumbuh dalam media penyemaian, sebaiknya letakkan di tempat tertutup dan lembab selama satu bulan. Baru pada bulan kedua, media penyemaian bisa dipindahkan ke ruang terbuka yang mendapat sinar matahari secara langsung.

Selama proses ini, yang perlu diperhatikan adalah masalah penyiraman benih jabon  guna menjaga kelembaban dan kebutuhan air. Penyiraman bisa dilakukan dengan menggunakan alat semprot kecil guna meratakan sebaran air siraman. Proses ini dilakukan selama 10 minggu sampai benih bisa disapih. Air yang digunakan untuk menyiram adalah air tanah murni tanpa campuran. Dan setiap satu minggu, air tanah tersebut bisa ditambahkan dengan Dithane M-45 dengan komposisi seperempat sendok Dithane M-45 dicampur satu liter air.

Keseluruhan waktu yang dibutuhkan sampai benih jabon bisa disapih dan dipindahkan ke poly bag, adalah 3,5 bulan. Rinciannya adalah 1 bulan benih jabon berada di tempat penyemaian, dan dua bulan benih berada dalam masa kecambah. Dalam masa ini, ketinggian bibit sudah akan mencapai 25-40 cm saat dipindah ke poly bag.

b. Penyapihan

Tahap ini adalah masa di mana benih jabon yang sudah menjadi kecambah mulai tumbuh sehingga siap untuk dipindah ke dalam poly bag. Bibit yang siap dipindah adalah bibit yang sudah memiliki 2-3 pasang daun, akarnya utuh serta tidak terdapat luka. Ini guna menghindari bibit mati selama masa penyapihan karena hal tersebut menunjukkan bibit tidak sehat.

Selama dalam masa penyapihan, sebaiknya bibit diletakkan di bawah pelindung. Gunanya mencegah bibit jabon dalam poly bag terkena sinar matahari secara langsung dan terutama terkena air hujan. Ukuran bedengan ini biasanya 5 x 1 meter.

Untuk media penanaman di dalam poly bag, digunakan media yang memiliki nutrisi yang bisa bisa mendukung pertumbuhan tanaman. Biasanya, tanaman membutuhkan nutrisi seperti unsur hara makro yang terdiri dari kalsium, magnesium, pospor. Selain itu unsur mikro hara juga dibutuhkan seperti Fe, Zn, Cul, Mn dan B. Ini merupakan lambang unsur senyawa kimia yang sangat baik dalam menciptakan tanaman Jabon yang sehat. jangan takut menyemai benih jabon

 

Incoming search terms:

Comments

  1. La Tahang says:

    Saya berminat beli benih jabon yg siap di semaikan, mohon infonya. Luas arel yg saya mau tanami adala 5 ha. (08541807777)

  2. Bambang Hari Nugroho S says:

    Perkenalan dulu pak, matur nuwun.

Speak Your Mind

*